Bukan rahasia besar bahwa pengalaman pelanggan saat ini adalah penggerak loyalitas pelanggan yang lebih kuat daripada persepsi harga nilai. Ini secara khusus berlaku untuk bank. Pengalaman pelanggan menyumbang 55% dari loyalitas, dan ketika diambil bersama dengan harga nilai, persentase loyalitas hanya naik sedikit, menjadi 56%.

Ini berarti bahwa untuk loyalitas pelanggan yang lebih tinggi, cabang bank tradisional harus memprioritaskan pada peningkatan pengalaman pelanggan. Seperti halnya bisnis ritel lainnya, bank harus mengadopsi digital terbaru untuk membuat pelanggan mereka senang ketika mengunjungi cabang bank mereka.

Digital Signage berarti platform distribusi konten yang dikendalikan secara terpusat untuk memutar konten digital ke satu atau banyak tampilan atau layar. Layar Digital Signage dapat digunakan untuk menyampaikan sejumlah jenis informasi seperti cuaca, berita, TV, menu, penerbangan, kalender, iklan dan lain sebagainya.

Ilustrasi Penggunaan Digital Signage di Bank

Digital signage paling baik dijelaskan sebagai bentuk tampilan elektronik yang menunjukkan program televisi, menu, informasi, iklan, dan pesan lainnya. Digital Signage (sering menggunakan teknologi seperti LCD, LED, layar plasma, atau gambar yang diproyeksikan untuk menampilkan konten) dapat ditemukan di lingkungan publik dan pribadi, termasuk toko ritel, hotel, restoran, dan bangunan perusahaan, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana bank dapat membangun kepercayaan dengan digital signage? Nah berikut ini adalah ulasannya.

  1. Pengalaman in-branch yang ditingkatkan dengan Digital Signage

Dengan sebagian besar tugas perbankan ritel dialihkan ke ruang online. Di zaman konsumerisme, setiap orang terpaku pada suatu bentuk layar. Digital signage memberikan kesempatan kepada bank untuk menciptakan pengalaman yang akrab bagi pelanggan mereka yang terobsesi dengan layar.

  1. Manajemen Antrian Bank

Contoh Ilustrasi Penggunaan Digital Signage Untuk Antrian di Bank

Sistem manajemen antrian berbasis angka memungkinkan pelanggan untuk duduk dan bersantai sambil menunggu nomor mereka. Namun, hal yang sama dapat dengan mudah diimplementasikan dengan Digital Signage. Lebih lanjut, Bank dapat membuat pelanggan tetap terlibat dengan menggunakan waktu tunggu yang tidak terhindarkan untuk memberikan informasi yang berguna dan relevan.

  1. Branding dan Promosi

Konten visual yang dinamis dapat membantu bank dalam menghasilkan minat pelanggan dan meningkatkan kesadaran tentang produk dan layanan mereka. Ini juga memberikan peluang cross-sell dan upsell ke bank. Signage digital secara substansial dapat meningkatkan komunikasi dengan mengintegrasikan dengan CRM bank dan alat otomatisasi pemasaran. Dengan konten dalam bentuk video dan spanduk, informasi yang relevan dapat dengan mudah dan efektif diteruskan ke pelanggan.

  1. Pembaruan mudah

Tantangan utama bagi bank adalah untuk terus-menerus memperbarui poster dan spanduk mereka untuk mencerminkan harga terbaru. Pencetakan dan distribusi spanduk atau poster melibatkan biaya besar. Biaya-biaya ini dapat dengan mudah diperkecil dengan Digital Signage karena seseorang dapat dengan mudah mengubah konten di seluruh papan melalui CMS pusat. Selanjutnya, administrator dapat memilih untuk menyesuaikan konten untuk persyaratan cabang tertentu (bahasa atau festival regional dan lain-lain).

  1. Otomatisasi

Bank dapat membuat kalender untuk konten dan menjadwalkannya secara sistematis beberapa minggu dan bulan sebelumnya. Ini memungkinkan para manajer untuk fokus pada aspek-aspek penting lainnya dari operasi mereka.

  1. Komunikasi internal

Digital Signage dapat menawarkan banyak manfaat serupa kepada bank dalam memenuhi kebutuhan komunikasi mereka di cabang non-ritel. Bank dapat menggunakan digital signage untuk komunikasi internal, pelaporan, pembaruan kebijakan, dan tujuan pelatihan.

  1. Kios interaktif swadaya

Saat ini, pelanggan lebih terbiasa dengan perbankan online daripada mengunjungi cabang secara langsung. Bank dapat menawarkan kepada mereka kios layar sentuh untuk mengakses detail akun mereka sendiri atau menelusuri layanan lain yang ditawarkan oleh bank. Selanjutnya, kios juga dapat membantu bank dalam mengurangi persyaratan kepegawaian.

Credencys Solutions Inc adalah penyedia layanan pengembangan perangkat lunak dan penyedia solusi terkemuka yang telah membantu banyak bisnis dalam pertumbuhan bisnis mereka. Digital signage memberikan solusi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan komunikasi untuk bisnis.

Bagaimana bank dapat membangun kepercayaan dengan digital signage, maka solusi digital signage tidak hanya berguna untuk tampilan yang dihadapi pelanggan. Pegawai bank di kantor dan lokasi cabang semuanya dapat memanfaatkan Digital Signage. Misalnya, tampilan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dapat dialihkan ke saluran konten perusahaan selama di luar jam kerja. Tampilan dapat dipasang di area umum, ruang makan siang, dan ruang pertemuan untuk lebih memperluas penggunaannya. Pajangan menghadap karyawan dapat menginformasikan, menghibur, dan memotivasi staff di setiap tingkat organisasi.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai beberapa cara bagaimana bank dapat membangun kepercayaan dengan digital signage. Dengan ulasan di atas semoga bisa Anda pahami dan tentunya Anda sudah tahu bukan bagaimana keuntungan dari digital signage ini. Semoga bermanfaat dan bisa Anda jadikan untuk referensi yang Anda butuhkan.

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan digital signage? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk digital signage sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via allsee-tech, static.wixstatic, awebstar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •