Video wall biasanya dipakai sebagai digital signage dengan ukuran yang besar. Video wall akan menampilkan profil suatu perusahaan, iklan, produk, data keuangan, gambar CCTV kamera maupun informasi penting lainnya. Penempatan video wall biasanya berada di di lobby suatu perusahaan, airport, stasiun kereta, shopping mall maupun lokasi umum lainnya yang ramai orang.

Semakin berkembangnya teknologi membuat video wall menjadi sering digunakan dengan berbagai ukuran dan variasi tampilan. Untuk mengetahui cara kerja video wall sistem rantai daisy, komponen penting video wall dan beberapa hal penting di dalam 1 sistem video wall, simak penjelasan berikut.

Cara Kerja Sistem Rantai Daisy Video Wall

Monitor dari sebuah digital signage professional mempunyai fitur built- in yang berguna untuk membantu Anda di dalam membuat sebuah video wall. Cara melakukannya yaitu dengan menghubungkan satu layar ke layar lainnya. Menghubungkannya menggunakan HDMI, DVI maupun display port. Proses penghubungan di dalam video wall inilah yang disebut dengan istilah sistem daisy.

Dengan memakai cara kerja sedemikan rupa bisa menghasilkan video yang bisa ditampilkan pada beberapa LCD dan terpecah dengan begitu rapi. Walaupun sebuah video wall terpecah serta mempunyai jarak antar LCD karena bezelnya, hal ini tidak akan mengurangi makna atau maksud yang terkandung di dalam video wall tersebut.

Sistem Rantai Daisy Video Wall

Komponen Penting Video Wall

Setelah mengetahui cara kerja video wall sistem rantai daisy, terdapat 2 komponen penting video wall yang perlu Anda pahami, diantaranya yaitu:

  • Display Video Wall

Display video wall yaitu memakai proyektor dengan tabung maupun proyektor atau flat panel led. Dahulu proyektor dengan tabung sangat populer. Hal ini karena jumlah yang bisa disusun secara bertingkat menjadi satu monitor yang besar dengan bezel atau tepi dari tabung yang sangat tipis.

Dengan adanya bezel yang tipis ini, sambungan dari tabung proyektor hampir saja tidak terlihat ketika disusun secara bertingkat 2×2, 3×3 ataupun lebih. Ada banyak juga yang memakai proyektor selain dari tabung proyektor dan meletakkannya di bagian belakang layar yang nantinya bisa memancarkan cahaya dari bagian belakang layar.

Jumlah proyektor yang banyak bisa menghasilkan suatu gambar dengan ukuran yang sangat besar dan tidak terlihat adanya sambungan yang terjadi antar proyektor. Pada saat ini, flat panel led monitor menjadi semangkin populer. Sebab tepi flat panel atau bezel sudah sangat tipis sekali.

Jarak pada tepi sambungan antar 2 led monitor telah mencapai ukuran sebesar 5,5 mm. Hal inilah yang membuat banyak video wall memakai jenis flat panel led monitor. Dengan menggunakan led monitor kualitas dari gambar yang dihasilkan cukup tinggi.

  • Video Wall Processor

Video Wall Processor

Secara umum monitor display telah terkandung processor videonya. Jadi bisa menampilkan atau menampakkan 1 gambar sumber signal berubah menjadi 1 gambar besar dalam jumlah 4, 6, 9 atau lebih monitor. Video wall processor dipakai jika Anda akan menampilkan banyak sekali input sumber signal di dalam 1 tampilan monitor yang besar.

Ukuran dari signal input bisa diolah menjadi suatu gambar yang kecil maupun besar dengan beragam variasi tampilan. Pengolahan yang dilakukan ini bisa disimpan dalam preset memory. Jadi, bentuk tampilan bisa digunakan pada waktu yang lain. Video wall processor akan memberikan fleksibilitas tampilan di dalam berbagai macam bentuk serta ukuran dari suatu signal input.

Beberapa Hal Penting di Dalam 1 Sistem Video Wall

Ada beberapa hal penting di dalam 1 sistem video wall yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu:

  • Kualitas Gambar atau Video

Kualitas gambar atau video yang ditampilkan pada video wall harus diperhatikan kualitasnya karena ditampilkannya di dalam ukuran yang besar. Jadi, gambar atau video yang terlihat harus tajam dan terang. Suatu processor harus bisa melakukan proses meskipun dengan keadaan banyaknya jumlah signal input.

Teks maupun gambar grafis harus terlihat secara detail. Selain itu juga harus bisa memberikan respond atas command user dengan cepat tanpa adanya suatu delay atau penundaan meskipun beban signal input berjumlah cukup banyak.

  • Daya Tahan Serta Jaminan Purna Jual

Daya tahan dari video wall harus tinggi. Hal ini bertujuan agar video wall tidak mudah mengalami kerusakan. Selain itu juga perlu tersedia sparepart agar mudah dilakukan suatu proses reparasi tanpa menggangu sistem yang ada tersebut secara total.

  • Pengoperasian Mudah

Suatu video wall harus mudah untuk dioperasikan. Yaitu dengan menambahkan touchpanel monitor, maka operator bisa melakukan switching signal input dengan mudah meskipun jumlahnya banyak. Selain itu juga bisa menampilkan bentuk layout monitor dengan suatu sentuhan touchscreen.

Demikian penjelasan mengenai cara kerja video wall sistem rantai daisy, komponen penting video wall dan beberapa hal penting di dalam 1 sistem video wall. Semoga penjelasan tersebut bisa memberikan Anda manfaat dan wawasan terkait masalah video wall.

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan video wall? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk video wall sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via cdn.cinemassive, business.panasonic, lsttaishiimgus.tongtool

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •