Teknologi media publikasi entah itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan, pada saat ini memang mengalami banyak pertumbuhan yang sudah sangat cepat di negara Indonesia. Trend dari pemakaian media digital seperti halnya retail pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, stasiun kereta api, bandara, dll tentunya tidak bisa dibendung lagi. Terdapat begitu banyak sekali pilihan untuk bisa menentukan media maupun hardware apa yang nantinya akan dipakai. Dari berbagai macam media tersebut diantaranya ialah video wall dan videotron.

Video wall di dalam ruangan pada pusat perbelanjaan

Ketika menentukan media maupun hardware jenis apa yang akan dipakai pastinya akan membutuhkan beberapa pertimbangan dari aspek-aspek teknis sebelum Anda melakukan investasi pada jenis hardware tersebut. Itulah sebabnya Anda wajib untuk mencari tahu kelebihan serta kelemahan masing-masing dari video wall dan juga videotron, sehingga Anda wajib menyimak perbedaan dari video wall dan videotron dibawah ini:

Perbedaan Dari Segi Bentuk

Perbedaan videotron maupun video wall Jika dilihat dari segi bentuknya memang tidak jauh berbeda jika yang melihat orang awam yang mana tidak mengetahui jenis-jenis teknologi multimedia. Video wall sendiri memiliki bentuk monitor LCD sedangkan videotron memiliki bentuk LED display. Nah, dari perbedaan bentuk tersebut Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Perbedaan Tingkat Keterangan / Kecerahan

Perbedaan dari video wall dan videotron pada tingkat kecerahan memang memiliki tingkat yang berbeda. Tingkat kecerahan pada layar LED memang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan layar LCD, Dimana tingkat keterangan dari LED sekitar 1000 sampai 1200 nits sedangkan tingkat keterangan dari layar LCD ialah 700 nits. Jadi bisa disimpulkan layar LED akan jauh lebih baik ketika memberikan efek gambar karena memiliki tingkat keterangan yang jauh lebih tinggi.

Grey Scale Atau Jumlah Kekayaan Warna

Untuk yang selanjutnya adalah perbedaan dari grey scale yang merupakan jumlah kekayaan warna. tingkat dari kekayaan warna memang memberikan pengaruh yang besar pada kualitas warna yang akan dihasilkan dari layar. Hal inilah yang mengartikan jika semakin tinggi nilai grey scale maka untuk hasil dari warna yang dihasilkan juga akan semakin baik. Perbandingan diantara layar LED dan juga LCD memang cukup berbeda pada tingkat grey scale, di mana pada layar LED biasanya sekitar 14 sampai 16 bits Sedangkan untuk LCD ialah 8 bits.

Perbedaan Dari Bezel

Untuk perbedaan yang selanjutnya ialah dari segi bezel. Pastinya Pada saat Anda ingin melihat sebuah objek gambar maka andapun ingin melihat gambar dengan kualitas yang baik secara menyeluruh tanpa adanya batasan oleh benda apapun. Nah, keunggulan videotron jika dibandingkan dengan video wall ialah videotron ini mampu memberikan gambar secara menyeluruh bahkan tidak ada bezel sekalipun. Tentu jauh berbeda dengan video wall di mana videotron ini akan terdapat bezel di antara monitor dan monitor lainnya. Namun menjadi kelebihan pada video wall dengan adanya bezel ini, yaitu gambar dapat dipecah(split) menjadi beberapa bagian untuk menampilkan beberapa tampilan yang berbeda pada saat bersamaan. 

videotron ini mampu memberikan gambar secara menyeluruh, tanpa ada bezel di antara monitor seperti pada video wall

Perbedaan Dari Umur Produk

Pastinya semua orang ketika akan membeli sebuah barang yang digunakan menjadi investasi maka diperlukan penghitungan dari nilai depresiasi nya. Pada dasarnya umur dari produk video wall akan jauh lebih panjang yakni kurang lebih 100.000 jam Sedangkan untuk videotron 50.000 hingga 60.000 jam. Hal yang seperti ini wajib untuk dipikirkan secara matang, sehingga Anda tidak akan terkait dengan biaya yang murah di awal sedangkan jika kita menghitung secara keseluruhan biayanya pun jauh lebih mahal.

Dengan adanya lingkungan bisnis yang kompetitif secara keseluruhan tampilan dari video wall merupakan salah satu teknologi yang menjadikan seorang pun tidak ingin ketinggalan. Bahkan banyak sekali perusahaan yang ingin memperluas jangkauan mereka pada pasar sehingga memerlukan sebuah ide yang jauh lebih kreatif tentunya dengan memakai video wall agar bisa menembus serta memasarkan diri dengan baik dan juga benar. 

Nah, itulah sekilas info yang dapat diberikan kepada anda mengenai perbedaan dari video wall dan videotron. Dengan adanya penjelasan diatas, sangat diharapkan mampu memberikan bantuan kepada Anda yang ingin mendirikan perusahaannya jauh lebih dikenal oleh masyarakat melalui teknologi multimedia yang canggih. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan video wall? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk video wall sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via indovisual, 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •