Pada umumnya Proyektor digunakan untuk menonton film, menampilkan data atau gambar, yang di gunakan untuk presentasi dalam bentuk PowerPoint di kelas atau ruang meeting. Proyektor mampu menghasilkan gambar yang lebih besar dari TV, dan menyesuaikan ukuran gambar dengan cepat dan mudah.

Proyektor mampu menghasilkan gambar yang lebih besar dari TV, dan menyesuaikan ukuran gambar dengan cepat dan mudah.

Selain itu, proyektor biasanya manghabiskan biaya per inci yang lebih rendah bila dibandingkan dengan TV. Proyektor juga memantulkan cahaya, sedangkan TV memancarkan cahaya. Akibatnya, menonton gambar yang dihasilkan oleh proyektor dapat mengurangi ketegangan pada mata.

Karena kelebihan dari proyektor, banyak orang mempertimbangkan untuk menggunakan proyektor. Jenis terbaru dari proyektor adalah proyektor jenis laser. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang proyektor laser serta kelebihan dan kekurangannya, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Ada dua jenis proyektor yang saat ini beredar di pasaran, proyektor lampu dan laser. Perbedaan utama antara kedua jenis proyektor tersebut adalah bagaimana proyektor itu menghasilkan gambar.

  1. Proyektor Jenis Lampu :

Proyektor LCD dan DLP menggunakan lampu ARC uap merkuri bertekanan sangat tinggi, yang biasa disebut bola lampu. Proyektor menggunakan arus listrik untuk menyalakan uap merkuri, menyebabkan bola lampu memancarkan cahaya super terang. Lampu ini diarahkan ke panel LCD atau DLP yang menghasilkan gambar.  Karena proses ini cukup rumit, maka pada umumnya penggantian bola lampu proyektor bisa sangat mahal.

  1. Proyektor Jenis Laser :

Proyektor laser berbeda dari proyektor berbasis lampu dalam cara menghasilkan gambar yang kita lihat di layar. Proyektor lampu, sumber cahaya (bohlam) perlu menerangi panel yang akan menghasilkan gambar. Sebaliknya, proyektor laser menggunakan laser untuk menghasilkan cahaya. Ada sejumlah manfaat yang dapat dihasilkan proyektor laser.

Keuntungan Proyektor Laser

Proyektor laser tidak jauh berbeda dari proyektor pada umumnya, tapi proyektor laser memiliki banyak keunggulan dibandingkan proyektor biasa atau lampu.

  1. Perawatan yang Lebih Rendah

Proyektor Laser menawarkan kualitas gambar yang sangat baik dan area tampilan yang besar. pada umumnya sumber cahaya dari proyektor adalah lampu. Lampu proyektor bisa sangat mahal. Umur dari lampu proyektor tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda, seperti pengaturan kecerahan. Sementara konsumen akan mendapatkan daya tahan yang berbeda dari proyektor lampu, satu hal yang pasti lampu proyektor harus diganti pada akhirnya.

Penggantian tidak hanya mahal tetapi bisa menjadi masalah. Misalnya, bayangkan menarik tangga keluar dari garasi untuk mengganti lampu di proyektor yang terpasang di langit-langit Anda. Selain itu, lampu perlu di uji coba sebelum dapat menghasilkan cahaya terang yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar. Proyektor laser tidak memiliki kekurangan ini. Karena proyektor laser tidak mengandalkan bola lampu untuk menghasilkan cahaya, tidak ada penggantian yang mahal. Selain itu, proyektor laser menawarkan fungsionalitas on / off yang hampir instan.

  1. Efisiensi Energi

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, proyektor berbasis lampu membuat gambar melalui proses dua langkah. Pertama, bola lampu menciptakan cahaya putih terang. Lampu ini diarahkan ke panel LCD atau DLP, yang memanipulasi cahaya untuk menghasilkan gambar akhir yang kita lihat di layar. Panel LCD / DLP adalah yang bertanggung jawab untuk menciptakan warna yang kita lihat. Oleh karena itu, lampu menghasilkan cahaya putih terlepas dari warna apa yang disajikan di layar, proses ini menghasilkan banyak energi yang terbuang.

Selain itu, untuk penggunaan yang lama bola lampu akan menjadi sangat panas, sehingga proyektor berbasis lampu membutuhkan kipas untuk mendinginkan perangkatnya. Ini menghasilkan lebih banyak energi yang dikonsumsi. Di sisi lain, laser hanya menciptakan warna yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar. Dimana efeknya, proyektor laser mengkonsumsi energi yang jauh lebih sedikit, memberikan kualitas gambar lebih baik, kecerahan, dan kontras yang juga sempurna.

  1. Jarak Tembak

Saat membeli proyektor lampu, seseorang harus mempertimbangkan jarak tembaknya. Throw adalah jarak antara lensa proyektor dan layar. Ukuran gambar yang ditembakan ke layar akan menentukan di mana proyektor ditempatkan di sebuah ruangan. Jika Anda berencana memasang proyektor ke langit-langit, Anda harus menghitung jarak ini dengan benar. Di sisi lain, banyak proyektor laser yang ada di pasaran adalah jenis short throw ultra.

Proyektor ini cocok untuk hampir semua ruangan, terlepas dari ukurannya. Mereka dirancang untuk ditempatkan di atas meja, sangat dekat dengan layar. Sebagai contoh, beberapa proyektor short throw dapat menghasilkan gambar 120 inci dengan jarak delapan inci dari layar, sebagai catatan : semua jenis proyektor short throw akan memiliki jarak tembakan yang berbeda.

  1. Kualitas Gambar Secara Keseluruhan Yang Lebih Baik

Salah satu manfaat terbesar proyektor laser adalah peningkatan kualitas gambar secara keseluruhan. Karena proyeksi gambar tidak bergantung pada lampu, laser dapat menghasilkan gambar dengan jenis warna yang lebih luas. Oleh karena itu, proyektor laser mampu menghasilkan gambar dengan warna hitam yang lebih kaya dan warna yang lebih cerah.

Ini menghasilkan gambar dengan kontras yang jauh lebih baik karena laser menghasilkan warna yang diperlukan secara langsung. Proyektor berbasis lampu perlu menyaring warna dari cahaya putih, yang secara negatif mempengaruhi kontras. Selain itu, karena laser menciptakan cahaya yang dibutuhkan secara langsung, proyektor laser dapat menghasilkan gambar yang jauh lebih terang dengan tetap mempertahankan kontras yang sangat baik.

Kekurangan terbesar dari proyektor laser adalah biaya pembelian awal yang cukup terbilang mahal. Proyektor laser secara signifikan lebih mahal dari pada proyektor lampu. Bahkan proyektor laser termurah harganya sekitar tiga kali lebih mahal dari pada proyektor lampu. Yang faktanya Ini mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa tidak ada banyak biaya perawatan yang dibutuhkan oleh proyektor laser, dibandingkan dengan proyektor lampu yang sangat mahal biaya perawatanya.

Sebagai kesimpulan, proyektor laser dapat memproyeksikan gambar di layar lebar. Mampu menghasilkan warna yang lebih baik dan gambar yang lebih cerah, sekaligus mengurangi biaya pengoperasian dan perawatan.

Nah, itulah beberapa info tentang perbedaan proyektor laser dengan proyektor biasa. Demikianlah penjelasan dari perbedaan proyektor laser dengan proyektor biasa di atas semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda.

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan laser projector? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk laser projector yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via Indovisual, 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •