Masih banyak orang di Indonesia yang belum mengenal apa itu digital signage, fungsi penempatan digital signage dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hal tersebutlah yang membuat laju pertumbuhan pemakaian digital signage masih lamban di Indonesia jika dibandingkan dengan negara di Eropa dan Amerika. Bahkan di negara-negara tersebut digital signage ini banyak dipakai hampir di seluruh tempat-tempat bisnis serta di pusat-pusat keramaian dan juga tempat hiburan seperti di mall.

Apakah Digital Signage itu?

Digital signage merupakan salah satu bentuk untuk menyampaikan informasi dengan melalui media display elektronik atau dinamis. Dengan menggunakan media display elektronik seperti LCD, LED atau juga plasma ini yang semakin hari semakin canggih serta semakin terjangkau. Apalagi pemakaiannya sangat mudah sehingga digital signage menjadi sebuah tren dalam penyampaian informasi di berbagai penjuru dunia.

Digital signage ini banyak digunakan baik untuk sekadar penyampaian informasi pada satu arah atau pemberi informasi ke masyarakat atau bahkan penyampaian informasi dua arah atau pemberi informasi ke masyarakat dan dari masyarakat, digital signage ini memanfaatkan teknologi interaktif.

Digital signage ini banyak membawa perubahan apabila dibandingkan dengan media konvensional. Di antara perubahan-perubahan tersebut yaitu lebih hemat biaya untuk cetak dan juga priduksi, tampilannya banyak menarik perhatian dengan eye catching atau atraktif. Di samping itu, digital signage ini juga lebih mudah serta lebih cepat dalam mengupdate konten visual serta bisa diubah secara real time dan masih banyak perubahan lainnya.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah mulai banyak yang menggunakan digital signage di toko besar ataupun retailer untuk menampilkan foto, video atau juga acara TV. Padahal digital signage ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan seluruh informasi yang Anda inginkan untuk ditampilkan yang lebih efektif.

Bahkan kelebihan lainnya dari digital signage ini yaitu bisa diolah untuk menjadi mesin pengiklan yang efektif. Dengan begitu maka bisa meningkatkan penjualan atau penghasilan pada usaha yang Anda jalankan. Nah berikut ini beberapa contoh fungsi penempatan digital signage.

Fungsi Digital Signage

Ada banyak fungsi dari digital signage ini yang bisa dipakai untuk banyak tujuan aplikasi. Nah berikut ini yang sering digunakan dalam digital signage di antaranya adalah:

  1. Digital signage di Bank

Fungsi penempatan digital signage di bank yaitu untuk menampilkan kurs mata uang maupun menampilkan suku bunga. Di samping itu, digital signage ini juga difungsikan untuk menampilkan informasi mengenai produk secara efektif dan efisien.

  1. Digital signage di Bandara

Digital Signage Di Bandara

Fungsi penempatan digital signage pada Bandara adalah untuk memberikan informasi secara up to date tentang jadwal keberangkatan atau jadwal keberangkatan, bahkan juga biasanya dipakai untuk space iklan yang disewakan. Bukan hanya di bandara saja, penempatan digital signage ini juga biasanya ada di stasiun-stasiun transportasi publik

  1. Digital signage di tempat hiburan

Fungsi penempatan digital signage di tempat hiburan yaitu untuk meningkatkan pengalaman serta kenyamanan dari para pengunjung tempat hiburan ini dengan melalui suasana yang ditimbulkan. Misalnya yaitu digunakan untuk menampilkan konten yang berkualitas tinggi atau HD.

  1. Digital signage di gedung perkantoran

Fungsi penempatan digital signage di gedung perkantoran yaitu untuk menampilkan teks berjalan, iklan atau juga berita dan cuaca.

  1. Digital signage di Hotel dan restoran

Salah Satu Penggunaan Digital Signage di Restoran

Fungsi penempatan digital signage di hotel dan restoran yaitu untuk menampilkan berbagai promosi diskon, jumlah kamar atau juga daftar acara.

  1. Digital signage di gedung komersial

Fungsi penempatan digital signage di gedung komersial yaitu untuk menampilkan iklan suatu produk, peta lokasi, lokasi tenan, TVC maupun TV. Saat ini sudah banyak berbagai asosiasi digital signage. Di antara asosiasi digital signage ini yaitu digital signage today, digital screenmedia association, NetWorld Alliance dan lain sebagainya. Pada umumnya assosiasi ini telah bekerja sama dengan industri-industri manufaktur media display. Bahkan secara berkala mereka akan mengeluarkan banyak makalah mengenai digital signage ini yang ditujukan untuk berbagai industri para pengguna digital signage ini

Nah, itulah tadi berbagai macam fungsi penempatan digital signage di berbagai tempat seperti bank, hotel, tempat hiburan, kantor, restoran, bandara dan lain sebagainya. Mengingat bahwa fungsi dari digital signage ini sangat efektif dan efisien, maka sudah sepatutnya Anda juga menggunakan digital signage untuk mempromosikan produk milik Anda.

Mempromosikan produk Anda atau bisnis Anda dengan menggunakan digital signage ini memang lebih efektif sebab banyak menarik perhatian khalayak umum. Penggunaan digital signage ini juga lebih efektif jika dibandingkan media yang lainnya. Sebab menggunakan digital signage lebih banyak gunanya seperti untuk menampilkan foto, video atau juga berbagai informasi yang lainnya. Jadi tunggu apa lagi, segera promosikan produk Anda dengan digital signage.

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan digital signage? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk digital signage sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via digitalsignagefederation, kualanamu-airport, displaystore.id

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •