Semakin ketatnya bisnis saat ini memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan juga semakin maraknya perhotelan, tempat hiburan, bank, restoran, gedung perkantoran dan juga bandara. Dengan begitu maka mendorong para pelaku bisnis untuk berlomba-lomba menghadirkan pelayanan serta promosi yang terbaik kepada para konsumen.

Guna memberikan kemudahan kepada para konsumen dalam bentuk informasi, maka saat ini sudah ada banyak retailer yang menggunakan digital signage. Ini digunakan sebagai sarana untuk penyampaian informasi yang efisien dan efektif. Lalu apa keuntungan penggunaan digital signage pada toko ritel?

Digital Signage Pada Toko Retail Alat Kecantikan

Dengan menggunakan digital signage untuk bisnis ritel, maka sebaiknya Anda merencanakannya secara matang. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tantangan di dalam pengaplikasian digital signage ini guna menambah pengalaman bagi para konsumen saat melihat informasi tersebut.

Nah, berikut ini akan kami ulas mengenai keuntungan penggunaan digital signage pada toko ritel. Ada 9 manfaat dari digital signage ini untuk toko ritel, di antaranya sebagai berikut:

    1. Memberikan Informasi dan Edukasi

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari digital signage pada toko ritel yaitu memberikan informasi dan edukasi yang baik. Tidak seperti halnya media iklan yang lainnya seperti media iklan statis, maka digital signage ini dapat menampilkan konten visual secara satu arah atau pemberi informasi kepada masyarakat atau juga informasi dua arah atau pemberi informasi ke masyarakat dan dari masyarakat.

Nah, dengan menggunakan teknologi yang interaktif maka informasi akan semakin efektif jika dibandingkan dengan media promosi konvensional seperti pada flyer atau poster.

    1. Konten yang Lebih Kaya

Sebelum revolusi digital ada, maka diperlukan biaya yang sangat besar apabila bisnis Anda ingin Anda tambahkan konten berupa video, gambar, animasi atau juga audio ke media promosi untuk mereka. Akan tetapi, dengan adanya media digital seperti sekarang ini berupa layar elektronik maka sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk menampilkan video, gambar, audio atau bahkan konten online sekalipun dengan mudah.

    1. Mudah Disesuaikan

Manfaat digital signage pada toko ritel selanjutnya sangat cukup dirasakan, yaitu di mana Anda bisa dengan mudah menyesuaikan jenis konten yang Anda inginkan untuk ditampilkan pada publik. Hal tersebut memungkinkan pada Anda untuk bisa berkomunikasi dengan target audience secara langsung. Dengan begitu maka akan tepat sasaran pada waktu yang tepat.

IMG_0579

Konten Sangat Mudah Disesuaikan Dengan Kebutuhan

    1. Konten Dapat Digabungkan Secara Bersamaan

Nah, keuntungan selanjutnya yaitu bisa menggabungkan konten secara bersamaan. Hal tersebut dikarenakan biasanya tim marketing menginginkan kirim konten promosi secara nasional kepada masing-masing tempat. Oleh karena itu, setiap tempat yang menerima konten tersebut bisa langsung mengubahnya. Konten yang telah dikirim tersebut bisa berbeda dan spesifik pada setiap tempatnya.

    1. Lebih Menarik dan Mudah Diingat

Pernahkah Anda pergi ke mall atau tempat-tempat hiburan lainnya dan menemukan digital signage. Nah, tentunya secara tidak sadar Anda akan melihat ke layar digital signage tersebut bukan? Memang layar digital signage ini lebih menarik perhatian. Seperti yang telah dinyatakan dalam penelitian bahwa manusia 5 sampai 10 kali lebih tertarik pada media dinamis jika dibandingkan media statis. Bahkan 2 sampai 5 kali mereka akan mengingat pesan yang ada di dalamnya.

    1. Mengalihkan Waktu Tunggu Pelanggan

Layar digital signage yang Anda tempatkan pada posisi yang strategis dengan menampilkan konten yang informatif juga akan membantu mencapai target market secara tepat. Misalnya dengan penempatan menu board digital di restoran dengan menampilkan pilihan makanan dan minuman beserta harganya. Dengan begitu mala pelanggan tidak perlu antri panjang dan lama.

    1. Memiliki Fleksibilitas

Manfaat selanjutnya yaitu memiliki fleksibilitas di dalam menginformasikan, menjual konten atau menghibur. Sedangkan konten yang disampaikan dengan media statis terbatas dan kebutuhan akan komunikasi serta pesan dari onformasi tersebut beda untuk tiap orang.

Maka dengan menggunakan digital signage ini bisa menampilkan semua media yang dipakai di TV serta internet dan banyak menarik perhatian konsumen.

    1. Meningkatkan Branding

Digital signage ini selain efektif dalam menyampaikan informasi juga akan membawa peningkatan pada brand atau citra uang baik untuk bisnis ritel Anda. Sehingga peningkatan brand pada bisnis Anda tersebut secara langsung berkontribusi terhadap penjualan juga serta memberi kualitas dan retensi para pelanggan.

    1. Sumber Pendapatan Iklan Potensial

Digital signage ini juga banyak menarik perhatian yang bukan hanya konsumen saja melainkan juga pada sesama pengusaha bisnis ritel. Dengan menampilkan konten yang dinamis serta mudah untuk disesuaikan pada kebutuhan sehingga memungkinkan Anda untuk menyewakannya sebagai slot iklan yang berbayar.

Nah, begitulah keuntungan penggunaan digital signage pada toko ritel. Jadi memakai digital signage ini untuk toko ritel memang cukup efektif guna meningkatkan penjualan. Selain itu kegunaannya juga lebih luas lagi untuk beberapa bidang bisnis yang lainnya.

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan Digital Singage? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk digital signage sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via Indovisual, 

5/5 - (3 votes)