Baru-baru ini memang banyak yang membicarakan sebuah cara terbaik untuk membantu mempromosikan sebuah usaha melalui alat canggih yang dikenal dengan nama digital signage. Jika dahulu digital signage tidak banyak digunakan oleh toko, sebuah usaha, ataupun sejenisnya sekarang cukup banyak yang menggunakan digital signage sebagai ajang promosi terbaik. Mengingat bahwa persaingan di dunia usaha semakin hari semakin ketat maka cara yang kreatif adalah salah satu yang bisa dilakukan agar tetap bertahan.

karena digital signage merupakan salah satu hal yang cukup populer dalam dunia bisnis, kali ini kami akan membahas seputar digital signage dan cara kerja dari digital signage itu sendiri. Dulu banyak orang yang tidak terlalu mengerti bagaimana cara mengaplikasikan digital signage sehingga menganggap bahwa digital signage adalah cara yang ribet dan tidak menguntungkan. Padahal itu salah besar, Anda bisa meraih keuntungan dengan lebih mudah dengan bantuan digital signage ini. Apakah Anda penasaran? Berikut ulasannya!

Bagaimana Cara Kerja Digital Signage?

Secara umum digital signage terdiri dari 4 elemen utama untuk mengoperasikannya. Yaitu :

  1. Server pusat, yang berfungsi untuk mendesain konten yang akan di tampilkan, penjadwalan tayang, pengaturan-pengaturan dan lain sebagainya.
  2. Jaringan, sarana untuk berkomunikasi antara server dengan digital signage player.
  3. Digital signage player, berfungsi untuk menjalankan konten yang telah dibuat untuk di tampilkan di display panel
  4. Display panel, sebuah profesional display yang digunakan untuk menampilkan konten yang dapat beroperasi selama 24 jam non stop.
Cara Kerja Digital Signage

Cara Kerja Digital Signage

Dari server pusat akan menstransmisikan sebuah konten yang telah di buat ke digital signage player melalui jaringan, bisa berupa kabel ataupun wireless. Kemudian digital signage player akan menjalankan konten tersebut untuk kemudian di tampilkan ke sebuah ataupun banyak display panel.

Dari cara kerja yag kami sebutkan diatas, tentu saja digital signage semakin memberikan fungsi yang baik untuk usaha ataupun perusahaan Anda bukan? Cara kerja yang kami sebutkan diatas memang penjelasan secara umumnya saja.

Konten Yang Ditampilkan Pada Digital Signage

Perlu Anda ketahui bahwa konten terpenting yang perlu untuk ditampilkan dalam digital signage sangat beragam, sehingga tidak akan memberikan kesan monoton pada pengunjung atau orang yang akan melihat informasi yang Anda berikan. Beberapa konten yang ditampilkan dalam sigital signage antara lain adalah:

  1. Teks, Anda pasti tahu bahwa teks adalah salah satu hal yang pasti muncul dalam digital signage. Karena jika tidak melalui teks apa lagi yang akan ditampilkan sehingga pembaca bisa mengerti? Jadi teks adalah hal yang paling penting untuk ditampilkan dalam digital signage.
  2. Video, bagi Anda yang memiliki perusahaan atau kantor yang cukup besar kami sarankan untuk membuat sebuah iklan berupa video untuk ditampilkan di digital signage. Alasannya adalah selain terlihat lebih keren, kesan yang akan diterima oleh pengunjung Anda merupakan salah satu perusahaan yang profesional.
  3. Gambar, selain teks dan video Anda juga bisa memasang sebuah gambar seperti pamflet yang cukup menarik dan ditampilkan di digital signage Anda. Tetapi perlu Anda ingat jika Anda memasang digital signage berupa gambar buatlah gambar yang cukup banyak agar tidak terkesan monoton dan menimbulkan kebosanan.
  4. Antarmuka interaktif, untuk yang satu ini memang masih jarang. Namun di luar negeri sudah sering kita jumpai digital signage model antarmuka interaktif. Hal ini memungkinkan terjadi komunikasi dua arah dengan pengguna. Hal ini sangat menarik pelanggan dan memudahkan pelanggan untuk mengetahui lebih banyak wawasan mengenai suatu perusahaan.
  5. Interface konteks, lebih modern lagi dan lebih canggih. Interface konteks memungkinkan sebuah digital signage dapat diperbarui sesuai dengan profil penonton, faktor cuaca, dan faktor eksternal yang lain.
Tampilan Digital Signage

Tampilan Konten Pada Digital Signage

Ternyata sangat canggih dan menguntungkan kan memiliki digital signage sendiri untuk usahan atau perusahaan? Agar tidak ketinggalan zaman ayo pasang digital signage sekarang juga dan nikmati keuntungannya!

Setelah mengetahui informasi ini apakah Anda tertarik untuk menggunakan digital signage? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik untuk produk digital signage sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan memberikan informasi terbaru untuk Anda. Sekian informasi seputar apa itu digital signage versi kami pada kesempatan kali ini.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat! dengan cara mengklik icon social media di bawah ini.

Image via Wikimedia Commons, BrightSign, Regener8.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •