Di masa pandemi ini Hybrid Learning menjadi pilihan dalam pembelajaran jarak jauh. Alasannya karena metode ini punya banyak kelebihan. Ya, ada kelebihan dibanding metode online learning lainnya.

Apa itu hybrid learning? Apa kelebihan dan persiapan apa yang harus dilakukan untuk menjalankan pembelajaran hybrid learning?

Apa Itu Pembelajaran Hybrid Learning?

Hybrid learning adalah metode pembelajaran dimana pelajar dapat memilih berpartisipasi secara online maupun secara offline (tatap muka). Metode ini memungkinkan pelajar di daerah terpencil atau jauh dari lokasi belajar tetap dapat mengikuti proses belajar mengajar. Bagi siswa yang menyukai pembelajaran secara tatap muka juga dapat mengikuti proses belajar mengajar bersama dengan mereka yang mengikuti pembelajaran online.

Bagi pelajar yang melakukan pembelajaran online, dalam hybrid learning suasana pembelajaran online akan dibuat seinteraktif dan semirip mungkin dengan kondisi pembelajaran offline (tatap muka).

Kelebihan dan Persiapan Menjalankan Hybrid Learning

Hybrid learning tentunya memiliki kelebihan dan hal yang perlu dipersiapkan. Maka dari itu, metode ini perlu dikembangkan agar bisa menjadi metode yang jauh lebih baik.

Beberapa kelebihan dari metode hybrid learning antara lain:

  • Mengakomodasi Kebutuhan Pelajar

    Hybrid learning akan mengakomodasi kebutuhan pelajar yang membutuhkan pembelajaran yang interaktif layaknya pembelajaran tatap muka secara online.

  • Mudah Memahami Pelajaran

    Metode hybrid learning ternyata diakui mampu membuat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih mudah dipahami. Baik oleh pelajar offline maupun yang sedang mengikuti kelas secara online.

  • Serasa Benar-Benar di Kelas

    Metode pembelajaran hybrid learning juga membantu pelajar dan pengajar merasa benar-benar seperti berada di kelas sehingga lebih merasakan suasana belajar mengajar yang sesungguhnya.

Untuk melaksanakan metode pembalajaran Hybrid Learning, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah:

  1. Perlu Ada Semacam Gladi Resik

    Agar proses belajar mengajar sama seperti pelajaran di kelas, metode hybrid learning membutuhkan “gladi resik” antara pengajar dan pelajar terlebih dahulu. Dengan demikian, pelajaran bisa berlangsung lebih lancar.

  2. Butuh Peralatan dengan Spesifikasi yang Tepat

    Pelajar dan pengajar perlu menyiapkan beberapa peralatan agar proses hybrid learning bisa berjalan lancar. Peralatan ini meliputi hardware dan software tertentu dan dengan spesifikasi tertentu untuk memastikan proses belajar mengajar bisa berjalan efektif.

    Cek Peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan, Check: Peralatan untuk Pembelajaran Jarak Jauh

  3.  Internet Harus Stabil saat Hybrid Learning

    Masalah di Indonesia saat ini adalah jaringan internet yang kerap kali bermasalah. Jika ingin lancar masih harus membayar cukup mahal. Oleh sebab itu, metode pembelajaran ini bisa dikatakan tetap merupakan pembelajaran online yang membutuhkan paket data internet yang cukup besar.

Namun tahukah anda apa yang kerap menjadi kendala dalam melakukan hybrid learning? Jawabannya adalah bagaimana caranya membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih interaktif layaknya berada di dalam kelas.

Promethean Interactive Smarboard

Promethean menyediakan interactive smartboard yang menjadi solusi pembelajaran hybrid learning secara profesional. Interactive smartboard dari Promethean akan menjadi pengganti papan tulis pintar yang dapat digunakan untuk:

  • Menampilkan gambar & video
  • Melakukan fungsi sebagai papan tulis
  • Menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan

Bukan hanya menyenangkan bagi pengajar namun juga bagi para murid.

Bagi anda yang membutuhkan papan tulis interactive dari Promethean ataupun ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan menghubungi kami dengan klik tombol di bawah ini:

Hubungi Kami

 

 

Demikianlah informasi seputar hybrid learning secara lengkap. Terimakasih dan senang menjadi sumber informasi bagi anda.

Rate this post