Tidak harus memberikan promo dan banting harga. Terdapat beberapa cara meningkatkan okupansi hotel yang stagnan atau sedang menurun. Upaya untuk meningkatkan okupansi hotel ini harus segera dilakukan. Dengan demikian maka kelangsungan bisnis hotel akan tetap terjaga.
Terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan. Namun pastikan memilih cara yang tepat dan efisien. Dengan cara yang tepat dan efisien tersebut maka upaya akan memperlihatkan hasil dalam waktu sekitar 3 bulan.
Cara Meningkatkan Okupansi Hotel dalam 3 Bulan
Dalam bisnis hotel, naik turunnya tingkat okupansi hotel adalah hal yang wajar. Namun jika keterisian semakin menurun maka tindakan yang tepat harus segera dilakukan. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan okupansi hotel dalam 3 bulan antara lain:
Tinjau Ulang Harga Kamar
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan meninjau strategi harga kamar. Pastikan bahwa harga kamar sesuai dengan fasilitas dan lokasi hotel. Bisa jadi penurunan okupansi karena harga terlalu tinggi. Apalagi jika harga tersebut dibandingkan dengan hotel lain di sekitarnya.
Salah satu tindakan yang bisa dilakukan terkait harga kamar adalah dengan membuat tambahan beberapa pilihan kelas kamar. Buatlah kamar dengan tingkat lebih tinggi, serta beberapa kamar dengan tingkat lebih rendah sehingga harganya bisa lebih terjangkau. Dengan demikian, tamu hotel bisa memilih pilihan kamar sesuai kebutuhan.
Buat Penawaran dan Paket Khusus
Tindakan selanjutnya adalah dengan menciptakan penawaran khusus yang menarik bagi bisnis hotel. Jangan terjebak berfokus memberikan penawaran diskon harga atau potongan harga dengan syarat tertentu. Buatlah ide penawaran dan paket khusus yang lebih menarik.
Contoh ide yang bisa diterapkan adalah “Paket Honeymoon” dimana pengunjung bisa mendapatkan layanan fotografer profesional, editing foto dan video saat berjalan-jalan di hotel, serta akses fasilitas ke fasilitas taman hotel. Ciptakanlah ide paket penawaran khusus sendiri.
Lakukan Pemasaran Digital yang Berfokus pada Manfaat
Tidak perlu terlalu agresif dengan banyak beriklan sehingga orang selalu melihat iklan hotel anda. Hal tersebut akan membuat jenuh. Berfokuslah pada pemasaran digital yang berfokus pada manfaat seperti hotel yang instagramable, hotel dengan tingkat privasi yang baik, hotel yang memberikan layanan layaknya melayani raja, ataupun memasarkan tempat yang nyaman dengan biaya terjangkau yang dekat dengan tempat liburan.
Untuk pemasaran digital ini, anda bisa menggunakan jasa micro dan nano influencer lokal, ataupun metode-metode digital marketing lainnya. Jika diperlukan, gunakan juga periklanan berbayar di google map sehingga hotel lebih sering direkomendasikan kepada orang yang sedang mencari hotel terdekat.
Perbanyak juga ulasan-ulasan positif mengenai hotel. Bisa ulasan di google map, ulasan di social media, maupun ulasan-ulasan di web-web yang mengulas destinasi liburan. Cara ini sangat efektif meningkatkan okupansi hotel karena memancing orang untuk mencoba dan merasakan pengalaman yang sama.
Melakukan Kolaborasi dengan Agen Perjalanan
Cara meningkatkan okupansi hotel dengan cepat selanjutnya adalah dengan berkolaborasi. Lakukan kolaborasi dengan agen perjalanan wisata. Saat ini sudah cukup banyak platform agen perjalanan. Anda bisa “gabung kemitraan” dengan platform-platform tersebut.
Sebagai perhitungan sederhana, jika anda bergabung dengan 100 agen perjalanan yang tersebar di berbagai wilayah, dan tiap agen mampu memberikan 3 orang tiap bulannya, artinya sudah ada peningkatan okupansi hotel sebanyak 300 pemesanan tiap bulannya. Tetapi cara ini tentu harus didukung dengan pemilihan agen perjalanan yang tepat. Pastikan agen tersebut memang dapat diajak kerjasama dengan baik serta mampu bekerja dengan baik dalam mencari tamu untuk hotel anda.
Buat Sistem Pemesanan dan Check-In Hotel yang Lebih Efisien
Perbarui sistem pemesanan dan sistem check in sehingga orang akan lebih mudah melakukan pemesanan. Ini akan menciptakan pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi pelanggan, yang dapat meningkatkan kepuasan mereka. Hal ini akan membuat tamu merekomendasikan hotel kepada orang lain. Tentunya hal ini dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan dan mendatangkan bisnis yang berulang.
Hotel dengan sistem check-in yang canggih dan mudah digunakan dapat menjadi pilihan yang lebih menarik bagi pelanggan dibandingkan dengan hotel lainnya. Terutama oleh tamu dari luar kota yang sedang berlibur.
Perbaiki Fasilitas dan Layanan Hotel
Lakukan juga perbaikan fasilitas dan layanan hotel. Hal ini wajib dilakukan karena bisa jadi okupansi semakin menurun diakibatkan jeleknya fasilitas dan layanan hotel. Ada banyak perbaikan fasilitas dan layanan hotel yang bisa dilakukan, namun beberapa yang sangat efektif untuk dilakukan antara lain:
Sediakan Kamar yang Lebih Bersih dan Nyaman
- Pastikan kamar-kamar hotel tetap bersih dan nyaman.
- Perbarui perabotan dan perlengkapan kamar jika perlu.
Berikan Fasilitas Kamar Mandi yang Lebih Modern
- Upgrade kamar mandi dengan perlengkapan yang modern dan bersih.
- Sediakan fasilitas seperti shower rain, pengering rambut, dan perlengkapan mandi berkualitas.
Ciptakan Area Umum yang Menarik dan Instagramable
- Perbarui lobi dan area umum dengan dekorasi yang menarik.
- Tambahkan ruang duduk yang nyaman dan tempat istirahat.
Hadirkan Pusat Kebugaran yang Lebih Lengkap
- Perbaharui atau tambahkan peralatan di pusat kebugaran.
- Pastikan kolam renang dan area olahraga bersih dan terawat.
Tingkatkan Layanan oleh Pegawai Hotel
- Meningkatkan kemampuan hospitality tiap karyawan
- Tingkatkan kecepatan dan keterampilan tiap karyawan
- Buatkan SOP yang lebih jelas kepada karyawan