Banyak faktor penyebab hotel sepi sehingga omset menurun. Penting mengetahui penyebab hal tersebut sehingga bisa menemukan solusinya. Dengan mengetahui penyebab masalah maka solusi terbaik dapat dilakukan.

Mencoba melakukan optimasi tingkat okupansi hotel tanpa tahu apa yang sebenarnya jadi penyebab masalah hanya akan menyebabkan solusi tersebut tidak efektif. Selain itu, biaya optimasi okupansi hotel juga akan membengkak. Hal ini tentu tidak baik bagi bisnis.

Faktor Utama Penyebab Hotel Sepi

Ada banyak faktor yang menyebabkan hotel sepi. Namun beberapa menjadi penyebab sepi pada kebanyakan hotel. Beberapa diantaranya adalah:

Lokasi Sudah Tidak Lagi Strategis

Perubahan Kondisi Tingkat Strategisnya Lokasi dapat Mempengaruhi Sepi Ramainya Suatu Hotel

Lokasi hotel yang kurang strategis, jauh dari pusat kegiatan atau atraksi utama, dapat menjadi penyebab utama sepi pengunjung. Beberapa hotel mungkin memiliki sejarah panjang dimana tingkat okupansinya tinggi. Namun seiring perubahan zaman, area sekitar hotel bukan lagi menjadi daerah strategis. Hal ini tentunya menyebabkan hotel kian sepi.

Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik adalah dengan bekerjasama dengan agen-agen perjalanan. Dengan bekerjasama, maka agen perjalanan dapat merekomendasikan hotel anda ke para pengunjung yang membutuhkan tempat menginap.

Banyak Review Jelek

Rate Buruk Menyebabkan Hotel Dihindari Pembaca Review Sehingga Hotel Menjadi Sepi

Di era keterbukaan informasi, suatu bisnis akan mudah diberikan ulasan. Pemberi ulasan ini bisa dari orang yang memang sudah mencoba menginap di hotel anda, namun bisa juga dari orang yang memang ingin menjatuhkan reputasi hotel. Oleh sebab itu, review hotel, terutama di dunia digital, harus diperhatikan dengan seksama.

Jika terdapat review kurang baik, pastikan untuk melakukan konfirmasi dengan jawaban yang baik, diplomatis, dan tidak menimbulkan perdebatan. Misalnya dengan berkata “Terimakasih atas ulasan yang diberikan, dan akan segera kami jadikan acuan untuk meningkatkan layanan kami kedepannya.” Tentunya agar ulasan buruk tidak kembali ada maka anda perlu meningkatkan layanan hotel sesuai dengan keluhan pelanggan.

Solusi selanjutnya adalah dengan meminta pengunjung hotel yang puas dengan layanan hotel anda untuk memberikan ulasan positif. Berikan pengunjung tersebut souvenir atau potongan harga jika mau memberikan ulasan.

Tidak Menerapkan Program Retensi

Penawaran kepada Pelanggan Lama Akan Menarik dan Meningkatkan Keterisian Hotel

Salah satu sumber okupansi hotel adalah pengunjung lama yang datang kembali ke hotel. Tingkat kembali atau retensi suatu hotel harus ditingkatkan. Sayangnya, banyak hotel yang mengabaikan hal ini. Tidak heran, banyak hotel yang semakin sepi.

Solusi terbaik untuk meningkatkan retensi adalah dengan menerapkan program retensi. Bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengirimkan promo-promo terbaru dari hotel melalui WA, ataupun email. Tentunya cara ini harus dilakukan dengan etika, misalnya meminta izin terlebih dahulu apakah boleh mengirimkan penawaran, serta tidak dilakukan secara terus menerus sehingga mengganggu penerima promo.

Kalah Bersaing dengan Hotel Lainnya

Kompetisi Antar Hotel Tinggi Sehingga Harus Ada Diferensiasi Antar Bisnis Hotel

Bisnis perhotelan itu sangat kompetitit. Faktor kecil saja dapat membuat perbedaan besar dalam hal daya tarik suatu hotel. Jadi meskipun harga dan layanan hotel anda mirip dengan hotel lain di sekitar, faktor lainnya akan menyebabkan hotel anda sepi sementara hotel kompetitor jauh lebih ramai.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mencari tahu apa saja yang menjadi pembeda antara hotel anda dengan kompetitor. Selain itu, cari tahu juga apa saja yang menjadikan hotel kompetitor lebih dipilihan oleh orang yang mencari tempat menginap. Biasanya, suatu hotel kalah bersaing di segmen yang sama karena hotel anda dianggap sama saja dengan hotel sekitar anda sehingga pilihan pengunjung sebenarnya bersifat “acak” dan kebetulan hal ini menyebabkan orang lebih banyak menginap di hotel kompetitor dibandingkan menginap di hotel anda.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan perubahan di hotel anda sehingga ada nilai pembeda antara hotel anda dengan kompetitor. Bahkan pembeda yang begitu kecil bisa bernilai signifikan. Misalnya dengan menawarkan hotel yang jauh lebih bersih dan tenang. Bisa juga dengan mencitrakan hotel sebagai hotel harga terjangkau namun memberikan sarapan gratis yang lezat.

Fasilitas Hotel Tidak Menarik

Fasilitas TV Berlangganan yang Disediakan di Kamar Hotel akan Mengatasi Penyebab Hotel Sepi Karena Akan Membuat Tamu Lebih Senang Memilih Hotel Anda

Faktor penting yang menjadi penyebab hotel sepi adalah karena mereka yang mau menginap tidak merasa tertarik dengan hotel anda. Terutama karena fasilitas hotel dianggap membosankan dan tidak sesuai dengan kebutuhan akan liburan yang nyaman. Maka dari itu, fasilitas hotel harus ditingkatkan. Beberapa fasilitas hotel yang perlu ditingkatkan antara lain:

  • Kebersihan kamar
  • Amenities hotel yang lengkap
  • Suasana kamar hotel
  • Wifi dan TV di kamar

Berbicara TV di kamar hotel, seringkali TV di hotel memberikan gambar yang kurang jelas, dan dengan program acara yang membosankan. Oleh sebab itu, TV di kamar hotel perlu ditingkatkan ke level yang dapat menarik tamu baru. Serta dapat menjadikan tamu yang sudah datang kembali memesan kamar di hotel anda.

Solusi untuk hal tersebut dapat ditemukan pada TV hotel profesional. TV hotel atau kerap disebut hospitality TV adalah TV khusus yang dirancang memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung hotel. Dengan penggunaan TV hotel, pengunjung dapat mempersonalisasi program acara yang ingin ditonton, serta mengintegrasikan apa yang ingin dilihat di smartphonenya ke televisi sehingga tamu hotel anda dapat menonton bersama-sama dengan keluarganya.

Dari sisi bisnis, hotel TV akan memudahkan anda menyambut tamu di kamar hotel, memberikan informasi mengenai hotel, dan menawarkan berbagai layanan hotel. Dengan demikian, hotel dapat meningkatkan revenue hotel. Hal yang tentunya akan sangat baik bagi perkembangan bisnis hotel anda.

Demikianlah beberapa penyebab hotel sepi dan cara untuk mengatasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi kami. Terimakasih.

5/5 - (1 vote)