Agar tidak mudah rusak, cara merawat proyektor harus benar. Terutama bagian proyektor yang tergolong rapuh. Misalnya bagian lensanya. Kesalahan cara perawatan justru dapat menyebabkan kerusakan proyektor.

Perawatan proyektor yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat karena dapat membuat proyektor lebih awet dan tahan lama. Bahkan proyektor yang rata-rata usianya 3-5 tahun saja bisa awet lebih dari 5 tahun jika perawatannya dilakukan dengan benar.

Panduan Cara Merawat Proyektor yang Baik dan Benar

Jika proyektor rusak dalam masa garansi, mungkin bisa melakukan klaim garansi. Namun jika masa garansi habis, kerusakan proyektor akan memakan waktu, uang, dan tenaga untuk melakukan perbaikannya.

Oleh sebab itu, perawatan harus dilakukan agar proyektor jauh dari kerusakan. Beberapa cara merawat proyektor yang baik dan benar antara lain:

Hentikan Kebiasaan Langsung Cabut Kabel Power

Sangat banyak orang yang ingin buru-buru menyimpan proyektor. Maka dari itu, setelah proyektor selesai digunakan, mereka langsung cabut kabel proyektor. Padahal proyektor masih dalam keadaan On.

Langsung cabut kabel power proyektor yang masih menyala dapat menyebabkan circuit di dalam proyektor mengalami kerusakan.

Sangat disarankan untuk menekan tombol OFF terlebih dahulu sebelum cabut kabel jika proyektor sudah selesai digunakan. Langsung cabut kabel power proyektor yang masih menyala dapat menyebabkan circuit di dalam proyektor mengalami kerusakan.

Selalu Simpan Proyektor di Tempat yang Bersih dan Aman

Tempat penyimpanan yang aman saja tidak cukup. Pastikan proyektor disimpan di tempat yang memang bersih dan aman. Karena jika tempat penyimpanan tidak bersih, debu dapat mengotori lensa atau masuk ke dalam komponen proyektor.

Jika proyektor sering disimpan pada tempat yang kotor maka gejala yang muncul misalnya proyektor jadi lebih cepat panas. Atau bahkan proyektor jadi tidak bisa digunakan sama sekali.

Proyektor Tetap Harus Dirawat Meski Tidak Digunakan

Sudah disimpan di tempat yang bersih dan aman bukan berarti proyektor bisa dibiarkan begitu saja. Pastikan proyektor tetap dicek kondisinya secara berkala. Jika ada debu, segera bersihkan debunya.

Ada baiknya juga, secara berkala proyektor yang lama disimpan harus anda coba nyalakan kembali. Tujuannya agar komponen di dalam tidak mudah berkarat.

Segera Perbaiki Jika Proyektor Mulai Bermasalah

Ketika kerja proyektor tidak seperti biasanya, beberapa orang mungkin akan menunda perbaikan karena proyektor masih bisa dipergunakan. Hal ini keliru. Cara merawat proyektor yang benar adalah dengan segera mencari tahu masalah proyektor dan segera memperbaikinya ketika proyektor tampak mulai bermasalah.

Menunda perbaikan dapat menyebabkan kerusakan semakin parah. Namun jika tidak memiliki keahlian sebaiknya jangan mencoba perbaiki sendiri. Segera bawa ke service center jika proyektor memiliki gejala-gejala bermasalah.

Merawat Proyektor dengan Menggunakan Sewajarnya

Sebaik apapun perawatan yang dilakukan, jika proyektor digunakan secara berlebihan pastinya akan lebih cepat rusak. Terutama akibat overheat. Oleh sebab itu, proyektor sebaiknya digunakan secara wajar.

Selain itu, saat pemakaian pun sebaiknya digunakan dalam kondisi yang aman untuk proyektor. Misalnya diletakkan di daerah yang tidak terhalangi banyak benda. Dengan demikian, panas proyektor bisa menyebar dan udara panas tidak mengumpul menyebabkan proyektor overheat.

Lihat Juga: Penyebab Proyektor Kurang Terang

Itulah rahasia bagaimana cara merawat proyektor yang baik dan benar. Silahkan ikuti cara di atas untuk memastikan proyektor dapat tetap awet dan tahan lama. Jika membutuhkan konsultasi kebutuhan proyektor, silahkan hubungi kami.

5/5 - (1 vote)