Sangat penting mengetahui tips memilih proyektor untuk presentasi dan seminar. Manfaat utamanya adalah menghindari kesalahan pembelian. Karena tentunya akan sangat merugikan jika membeli proyektor yang ternyata tidak cocok dengan kebutuhan.

Memang banyak merk dan jenis proyektor yang dijual di pasaran. Ada yang tergolong lebih murah daripada yang lain, namun ada juga yang jauh lebih mahal daripada proyektor pada umumnya. Mana yang harus dibeli tentunya agak membingungkan. Terutama bagi yang tidak paham hal-hal yang berhubungan dengan perangkat visual dan multimedia.

Tips Memilih Proyektor untuk Presentasi dan Seminar

Keberhasilan Presentasi Rapat Setelah Mengikuti Tips Memilih Proyektor untuk Presentasi dengan Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Bagi yang sedang memiliki kebutuhan pembelian proyektor, ada beberapa tips yang bisa membantu anda memilih proyektor. Adapun beberapa tips dalam memilih proyektor yang tepat untuk presentasi diantaranya adalah:

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Ruangan

    Beda bentuk ruangan akan beda pula jenis proyektor yang cocok digunakan. Jika ruangan cukup besar bisa menggunakan beberapa jenis proyektor yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan aula maupun auditorium. Tetapi jika ruangannya kurang dari 7×7 meter persegi, menggunakan proyektor dengan spesifikasi ruang kecil akan cukup.

  2. Sesuaikan Lumen Proyektor dengan Jenis Ruangan

    Kecerahan atau lumens pada proyektor sangat penting untuk diperhatikan. Karena penggunaan hanya untuk presentasi di kelas maupun di kantor, cukup gunakan proyektor dengan tingkat lumens lebih dari 2000 lumens. Namun jika proyektor hendak digunakan pada area luas seperti auditorium, cukup gunakan proyektor dengan spesifikasi 800 sampai 1000 lumen.

  3. Minta Rekomendasi dan Tips Memilih Proyektor Presentasi

    Ceritakan kebutuhan anda kepada orang-orang yang pernah membeli proyektor ataupun kepada orang-orang yang selain bisa memberikan tips memilih proyektor untuk presentasi juga bisa memberikan rekomendasi dan saran proyektor seperti apa yang cocok dengan kebutuhan anda. Ada setidaknya 3 hal yang perlu anda ceritakan untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. Hal tersebut adalah budget yang anda miliki, kondisi ruangan dimana proyektor ini nanti akan lebih sering dipakai, dan fitur-fitur yang diharapkan ada pada proyektor tersebut.

  4. Check Garansi dan Layanan After Sale

    Setelah anda membeli suatu produk, resiko-resiko kerusakan pasti akan selalu ada. Itulah pentingnya ada garansi terhadap proyektor yang anda beli. Selain itu, sangat penting adanya layanan after sale untuk menjadi jawaban atas masalah-masalah yang terjadi. Misal cara penginstalan, menanyakan fungsi dan fitur-fitur, serta kemudahan meminta bantuan walaupun masa garansi sudah habis.

  5. Ceritakan Kebutuhan Anda Kepada Sales yang Berkompeten

    Tidak ada salahnya anda bertanya langsung kepada sales mengenai kebutuhan anda akan proyektor presentasi. Mintalah sales menjelaskan keunggulan dan kekurangan-kekurangan tiap proyektor. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan beberapa pilihan proyektor yang tepat untuk kebutuhan anda.

Lihat Juga: Proyektor yang Cocok untuk Gereja

Demikianlah beberapa tips memilih proyektor untuk presentasi bisnis ataupun presentasi seminar yang akan anda lakukan. Semoga informasi ini membantu menghindari kesalahann yang mungkin terjadi akibat tidak tahu mana proyektor yang cocok untuk memenuhi kebutuhan anda. Jika anda memiliki pertanyaan atau hal-hal lainnya, silahkan hubungi kami untuk informasi yang lebih mendetail.